Jenis-Jenis Strategi Belajar-Mengajar

Strategi belajar-mengajar dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, tergantung dari segi apa kita mengelompokkannya. Ada strategi belajar- mengajar yang dikelompokkan berdasarkan komponen yang mendapat tekanan dalam program pengajaran, seperti telah disebutkan sebelumnya. Dalam
hal ini dikenal tiga macam strategi belajar-mengajar, yaitu:
1. Strategi belajar-mengajar yang berpusat pada guru.
2. Srraregi belajar-mengajar yang berpusat pada peserta didik.
3. Srraregi belajar-mengajar yang berpusat pada materi pengajaran.
Dilihat dari kegiatan pengolahan pesan arau materi, maka strategi belajar-mengajar dapat kita bedakan dalam dua jenis,yaitu:
I Straregi belajar-mengajar ekspositori di mana guru mengolah secara tuntas pesan/materi sebelum disampaikan di kelas sehingga peserta didik tinggal menerima saja.
2. Strategi belajar-mengajar heuristik arau kuriorstik, di mana peserta didik mengolah sendiri pesan/materi dengan pengarahan dari guru.

Strategi belajar-mengajar dapat pula dilihat dari cara pengolahan atau memproses pesan atau materi. Dari segi ini, straregi belajar-mengajar dapat dibedakan dalam dua jenis. yaitu:
Strategi belajar-mengajar deduksi, yaitu pesan diolah mulai dari umum menuju kepada yang khusus, dari hal-hal yang abstrak kepada hal-hal yang konkret, dari konsep-konsep yang abstrak kepada conroh-contoh yang konkret. Strategi belajar-mengajar induksi, yaitu pengolahan pesan yang dimulai dari hal-hal yang khusus menuju kepada hal-hal yang umum, dari peristiwa-peristiwa yang bersifat individual menuju kepada generalisasi, dari pengalaman-pengalaman empiris yang individual menuju kepada konsep yang bersifat umum.
Mengajar sebagai usaha unruk menciptakan situasi lingkungan yang membelajarkan peserta didik, menuntut strategi belajar-mengajar heuristik. Dengan strategi heuristik, diharapkan peserta didik dapat memproses sendiri penemuannya melalu; stimulasi dan pengarahan dari guru. Karena itu, dilihar dari cara memproses penemuan maka strategi bdajar-mengajar dibedakan atas strategi ekspositori dan strategi discovery.

Sumber 
Judul : Strategi Belajar-Mengajar
Penerbit Grasindo
Pengarang : W. Gulo

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...